Edukasi

Pemuda – Mengukir Solusi Indonesia

Written by Febrika Ramadhan

Sudahkah memikirkan solusi untuk Indonesia, bangsa yang besar dengan penduduk terbesar ke empat dunia?

Kegiatan apa saja yang telah kita lakukan untuk mengukir keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia?

Masihkah kita bersimpuh malu, merendahkan bangsa kita sendiri, bahkan saling menghina sesama penduduk bangsa?

Saatnya pemuda mengukir solusi untuk Indonesia!

Mendengar “Mengukir solusi Indonesia” bagi sebagian orang kalimat ini terasa berat. Sebagian yang lain kulitnya merinding, mengalir dengan deras darah perjuangan yang tidak pernah ada habisnya. Sejenak kita menelisik lebih jauh bagaimana para pejuang bangsa yang berani mati untuk mengibarkan bendera Indonesia di depan para penjajah.

Memang tidak sekeras dulu perjuangan kita. Menggunakan bambu runcing sebagai ujung tombak dalam setiap pergerakan. Bersimbah darah, berjalan mengendap untuk sampai ke markas penjajah. Secara fisik sangat terlihat. Bangsa Indonesia dahulu memang memiliki mental pejuang. Seperti hukum newton yang mengatakan benda tidak akan bergerak kecuali ada gaya yang memaksa benda tersebut bergerak. Bagaimana tidak, diancam nyawa dan keluarga, hingga akhirnya perlawanan tak terelakan.

Sekarang kita menikmati indahnya kemerdekaan. Menjalani kehidupan dengan bahagia dan aman. Bersyukur sekali generasi kita sekarang. Hanya meneruskan titah bangsa yang dahulu sengsara. Kehidupan kita lebih sehat dan terawat. Berbeda dengan mereka yang dahulu berani sekarat. Memang indah setelah Indonesia merdeka. Tetapi apakah perjuangan kita hanya sampai disana?

Tidak! Bangsa yang kita cinta saat ini sedang diserang oleh berbagai isu. Dibalik kebahagiaan warga, ternyata ada sebagian orang yang ingin membuat bangsa kita terpecah. Kaum muda dihadapkan dengan berita hoax yang menyesatkan, degradasi moral, penggunaan barang haram yang semakin merajalela, serta penyalahgunaan teknologi yang tidak semestinya. Kaum tua kita yang sibuk dengan kehidupan dan kekuasaannya. Lalu tugas siapa, mengukir solusi untuk Indonesia? Jawabannya adalah semua warga negara Indonesia! Pemuda yang paling utama.

Permasalahan bangsa akan selalu ada. Bukan tugas pemuda, sekadar mencibir tanpa tindakan nyata. Kita generasi sempurna yang mampu mengelaborasikan akal dan tindakan bersama untuk menyelesaikan permasalahan bangsa. Dengan hal ini adalah tugas KITA BERSAMA menjaga Indonesia.

Apa solusi yang dapat kita kerjakan? Menjalankan peran sesuai dengan bidang kita. Jika Kamu pemuda yang memiliki passion dalam bidang bisnis, maka galakkan bisnis dan angkat teman-teman sekitar kita untuk melakukan bersama. Kita memiliki passion dalam bidang pendidikan, maka dukung gerakan mengajar di berbagai daerah, jika perlu kita menjadi relawan nya. Kita memiliki passion dalam kesehatan, maka dukung gerakan Indonesia sehat dengan berbagi obat gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Begitu juga dengan berbagai passion yang lainnya.

Mungkin solusi ini sederhana bagi sebagian orang. Jangan remehkan! Karena gerakan sederhana akan menjadi luar biasa jika banyak orang yang melakukan. Indonesia dengan cakupannya yang sangat luas, maka diharapkan pemuda di setiap daerah mampu melakukannya secara kolektif bersama. Mari saya, Kamu, dan kita semua mengukir solusi untuk Indonesia. Melakukan gerakan perubahan tanpa pamrih di dalamnya. Niatkan untuk menjadi orang yang bermanfaat di sekitar kita. Ini sesuai dengan anjuran Rasulullah Saw, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Tulisan : Fibrika Ramadhan

Participant Pelatihan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan 1 Kemenpora 2020

About the author

Febrika Ramadhan

Leave a Comment