Film Hiburan

Pengalaman Setiyoko Saat Nonton Bioskop di Masa Pandemi Covid-19

Written by Ruang Berita

RUANGBERITA.CO.ID, BEKASI – Sejak tutup karena pandemi Covid-19, dua bioskop di Kota Bekasi melakukan uji coba operasional mulai Rabu (28/10/2020). Satu di antara bioskop yang melakukan uji coba yakni XXI Mal Summarecon Bekasi. Bioskop ini beroperasi setelah hampir delapan bulan tutup.

Setiyoko (54), warga Vila Nusa Indah, bercerita mengenai hari pertamanya ke XXI Mal Summarecon Bekasi. Hari ini dia datang bersama istrinya, Iren (54).

Awalnya, ia hanya berniat untuk keliling mal. Namun, sebagai pencinta film, hatinya tergugah ingin merasakan menonton film di bioskop untuk kali pertama pada masa pandemi Covid-19.

“Ya namanya udah lama banget enggak nonton bioskop, ya kangen aja gitu. Akhirnya coba beli tiket nonton,” ucap Setiyoko.

Ia mengaku awalnya khawatir terhadap penularan Covid-19. Namun, ia yakin tidak akan tertular selama disiplin mematuhi protokol pencegahan Covid-19.

“Ya takut sih, tetapi percaya ajalah. Lagian kan kita udah pakai masker juga, terus pastinya pulang dari bioskop ini kita akan mandi,” kata Setiyoko.

Setiyoko bercerita, ia dan istrinya datang sekitar pukul 12.00 WIB ke bioskop. Sesampai di bioskop, Setiyoko harus melakukan scan QR code atau secure access pass dengan telepon seluler di pintu masuk.

Pemindaian QR code dilakukan untuk memudahkan pengunjung mengakses laman registrasi check in atau masuk ke bioskop. Dengan adanya scan barcode itu, jumlah pengunjung di dalam bioskop bisa diketahui, sehingga kapasitas di bioskop bisa dikendalikan.

Ketika mengisi barcode, Setiyoko diminta untuk mengisi biodata dan jumlah orang yang datang bersamanya.

“Dengan mendaftar masuk, kita dipastikan tidak pernah kontak dengan pasien pengidap Covid-19 dalam 14 hari belakangan ini dan tidak dianjurkan untuk karantina mandiri,” kata dia.

Usai ia dan istrinya melakukan scan barcode, suhu tubuh mereka diperiksa. Lalu, ia membeli tiket dan memilih tempat duduk. Setiyoko merasa aman lantaran kursi di dalam studio sudah diberi tanda jaga jarak.

Pengelola mengatur penonton agar tidak duduk berdekatan.

“Iya lega juga sih kita karena kan duduk enggak samping-sampingan ya, kan berjarak juga,” ucap dia.

Setiyoko mengaku kondisi bioskop tak seperti yang ia bayangkan. Meski sudah lama tak beroperasi, bioskop tetap terlihat bersih dan wangi.

“Waduh saya mah mikirnya karpetnya bau kan, ya namanya juga udah lama enggak ditempatin. Tetapi, ini bersih kok, kayak biasanya, wangi,” ucap dia. Setiyoko berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga dia bisa kembali menonton film di bioskop dengan normal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Cerita Pengalaman Nonton Bioskop Kali Pertama Selama Pandemi Covid-19”

About the author

Ruang Berita

Leave a Comment